Bahaya Polip

Jangan sepelekan hidung tersumbat dan berair dalam jangka waktu lama. Bisa jadi itu merupakan gejala polip. Jika dibiarkan, polip bisa menimbulkan radang otak dan merusak struktur wajah penderitannya.
Dari pemeriksaan tampak pembengkakan di dalam hidung. Jika dibiarkan polip akan menutup rongga hidung dan menimbulkan komplikasi.
Polip dibagi menjadi tiga gradasi. Gradasi pertama, polip hanya hanya tampak dengan pemeriksaan lab endoskopi karena masih berbentuk kecil. Gradasi kedua, umumnya polip sudah membesar, tetapi hanya dapat dilihat melalui alat THT sederhana, seperti spatula hidung.
Sedangkan pada gradasi ketiga, polip tampak sudah besar, bahkan jika dilihat dari luar terlihat memenuhi hidung. Bahkan yang paling menakutkan, polip dapat keluar dari hidung yang berbentuk daging.

Penyebab yang paling fatal adalah merusak mata dan menyebabkan radang otak atau meningitis. Polip juga dapat merusak struktur tulang muka penderitanya, karena polip menekan tulang wajah dalam waktu lama.
Dalam menangani polip yang terpenting adalah mengatasi dan menghindari penyebabnya. Jika polip disebabkan oleh infeksi, yang diobati adalah peradangan akibat infeksinya.
Jika disebabkan alergi, jauhi pemicu alerginya. Bila faktor penyebab tidak teratasi, polip rawan kambuh berulang-ulang. Karena itu, kepatuhan pasien sangat diharapkan.

About this entry

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008