Saat Orang Tua Tak Merestui Hubungan Kita

Sering kita merasa sudah menemukan pasangan hidup yang tepat, itulah sebabnya kita akhirnya memutuskan mau menerima pasangan kita menjadi kekasih. Namun sayang, kita sering mendapati kasus orangtua yang ternyata tidak merestui hubungan karena alasan yang tidak jelas. Hal seperti ini yang membuat banyak orang jadi bingung dan tak tahu harus berbuat apa.Anda berdua saling mencintai dan memutuskan untuk mengukuhkan cinta anda dalam sebuah ikatan cinta kasih. Tapi apa daya kalau orang tua tak memberi restu karena suatu alasan.

Jangan terburu patah semangat, seorang fisikoterapi dari New York, Jacqueline Schatz, Ed.M., memberikan nasehatnya untuk anda. "Jangan terlihat memberi sikap defensif , cobalah memberi sinyal damai pada orang tua. Sebelum memulai masuk ke dalam jenjang yang lebih serius, mungkin kelima saran dari saya berikut ini bisa anda coba". Tunjukkan fakta dan buktikan bahwa pilihan anda sudah benarBegitu orang tua tidak setuju dengan lelaki pilihan anda, cobalah untuk mendiskusikan masalah ini dengan kepala dingin dan kekeluargaan. Cobalah untuk menjernihkan suasana yang keruh, mungkin saja selama ini mereka salah paham terhadap atau salah mengartikan sikap calon pasangan anda. Berpikirlah terbuka dan yakinlah bahwa perasaan anda pada sang calon adalah benar adanya.Tunjukkan bahwa cinta anda pada keluarga tidak akan berubahJangan biarkan orang tua berpikir bahwa kelak setelah anda menikah, anda tidak lagi memperhatikan orangtua atau keluarga.

Sikap menentang mereka bisa jadi karena mereka kuatir anda akan meninggalkan mereka dan merasa cemburu terhadap pasangan hidup anda. Cobalah untuk memberikan pengertian pada orang tua, bahwa bagaimana pun juga, status pernikahan bisa menjadikan anda telah memiliki prioritas lain selain mereka. Yakinkan juga pada mereka bahwa kebahagiaan yang tidak tergantikan dalam hidup anda adalah ketika orang tua mencintai pasangan hidup anda seperti mereka menyayangi anda.Pandai-pandailah membaca situasiJangan pernah mengatakan rencana besar dalam situasi yang buruk dan panas. Bila perlu pilih strategi yang menyenangkan. Ingat, keputusan yang menyenangkan bisa didapatkan dari situasi yang menyenangkan pula.Usahakan untuk saling mengenal lebih dekatBegitu sinyal tidak suka dari orang tua bisa anda tangkap, segera dekatkan mereka. Karena apabila opini sudah terbentuk maka anda akan lebih sukar untuk mengubahnya. Anda berdua harus saling memberi dukunganApapun yang terjadi tetaplah pada komitmen anda berdua.

Anda berdua memang seharusnya mendengarkan juga pendapat orang lain, tetapi pada akhirnya keputusan tetap kembali lagi pada anda berdua yang akan menjalani kehidupan bersama. Komitmen anda, rasa saling menghormati, serta komunikasi akan sangat membantu anda dalam mengatasi persoalan dalam keluarga.

About this entry

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008